ANALISIS PENGARUH KEGIATAN PEMASARAN
TERHADAP HASIL PENJUALAN TEKTRONIX DI PT.MM
.
Nur Yulianti Hidayah, Nadia Nauli
.
Abstrak
PT. MM merupakan suatu perusahaan distribusi alat-alat telekomunikasi dan broadscasting dengan merek Tektronix yang telah memulai usahanya sejak tahun 1999. Tektronix merupakan merek dari instrument-instrument pengukuran dan metrology, dimana Tektronix mempunyai produk yang sangat variatif. PT. MM menyadari bahwa berhasil tidaknya perusahaan dalam melakukan penjualan barang tergantung pada usahanya dalam bersaing di dunia bisnis. PT. MM merasakan pentingnya mengevaluasi ataupun meningkatkan kualitas kegiatan-kegiatan pemasaran yang menunjang peningkatan hasil penjualan. Dari masalah tersebut maka dilakukan analisis hubungan (keeratan korelasi) dari kegiatan pemasaran yang mempengaruhi hasil penjualan yaitu training para sales dan technical support, promosi, dan entertainment untuk customer (sebagai variabel bebas: X1, X2, dan X3) terhadap hasil penjualan (sebagai variabel terikat: Y). Penulis mengolah dan menganalisis data dengan melakukan uji korelasi dan regresi ganda terhadap kegiatan-kegiatan pemasaran dan hasil penjualan dari tahun 2002 hingga 2006. Hasil analisis diperoleh bahwa variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap peningkatan hasil penjualan adalah biaya entertainment untuk customer.
.
Kata kunci : kegiatan pemasaran, hasil penjualan Tektronix, korelasi dan regresi ganda
.
Isi selengkapnya dari Jurnal ini dapat dipesan dengan menghubungi no.telp: (021)-7864730 ext.30 atau email ke: teknik_industri@univpancasila.ac.id/teknikindustri.ftup@gmail.com